Martabak Cokelat Keju Plus Jagung Bakar

Hemm….siapa yg tidak suka martabak hayo tunjuk tangan…haduh enak nich makanan yang satu ini, mantebs bikin perut kenyang…

Coba-coba nich bikin martabak sendiri di rumah, dan hasilnya lumayanlah….

siapkan bahan untuk kulitnya :

-300 gr tepung terigu, 50 gr gula pasir, sebungkus ragi instan, garam secukupnya, susu cari 500 cc, tiga butir telur ayam.

Semua bahan di aduk rata dan diamkan selama lebih kurang 4 menit sampai adonan mengembang. Sebelumnya tutup wadah adonan tadi dengan kain lap basah. Jika suka tambahkan sedikit mentega wisman dalam adonannya.

Selagi menunggu adonan kulit mengembang, siapkan jagung bakar. Olesi jagung dengan saus sambel botol dan mentega. Lalu bakar dengan menggunakan api kecil di atas kompor. Tentunya pake panggangan, kalo ngga ada bisa pakai loyang. Jangan sampai hangus ya… Langkah selanjutnya pipil jagung dengan pisau dan sisihkan.

Siapkan juga cokelat meses. Kalau tidak cokelat chips juga boleh atau cokelat blok. Namun, jika menggunakan cokelat blok maka siapkan parutan keju untuk memarutnya. Demikian juga dengan keju. Siapkan keju secukupnya dan gula pasir untuk taburannya. Mentega wisman untuk olesan. Jangan lupa siapkan juga susu kental manis, bisa cokelat atau putih. Sisihkan semua bahan tersebut.

Setelah adonan kulit dirasa cukup mengembang, panaskan wajan. Olesi wajan dengan mentega lalu tuang adonan kulit secukupnya. Masak dengan menggunakan api paling kecil yach. Jangan besar-besar nanti bisa hangus, karena memasak martabak tidak dibalik-balik. Setelah agak matang olesi bagian atasnya dengan mentega dan taburkan gula. Tutup lagi dan tunggu sampai matang benar. Setelah matang angkat. Jika suka olesi lagi dengan mentega. Taburkan lagi gula, kemudian parutan keju, jagung bakar yang sudah dipipil dan cokelat. Ohya taburan ini pada setengah bagiannya saja yach, karena kan martabak bakal dilipat. Potong dengan membagi dua bagian martabak, lalu lipat. Olesi lagi dengan mentega dan potong-potong dengan ukuran sesuai selera.

Martabak cokelat jagung bakar pun siap dihidangkan. Selamat mencoba.

 

Tentang orange

Lahir di Palembang, 3 Februari 1983
Galeri | Pos ini dipublikasikan di resep. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s