Bulan Purnama Merah Di Kamis Subuh

Berdurasi 100 menit dan terjadi 100 tahun sekali. Demikian situs-situs di internet dan media memberitakan Gerhana Bulan Total yang terjadi Kamis 16 Juni 2011 dini hari. Gerhana Bulan yang mulai terjadi pada pukul 02.22 menit ini begitu mengagumkan. Betapa tidak, ini membuktikan besarnya anugerah Sang Maha Kuasa yang sangat dengan teratur dan sedemikian rupa mengolah benda-benda angkasa milik-Nya. Benar-benar Koreografer yang sangat handal sehingga menampilkan suguhan yang sangat unik dan dikejar oleh hampir seluruh fotografer dunia.

 

Tuhan, Engkau Yang Maha Memiliki apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tuhan, sungguh kuasa-Mu sangatlah nyata, maka ampunilah segala dosa kami. Betapa Engkau sangat memiliki dunia yang tiada bandingannya ini Ya Tuhan, dunia tempat kami tinggal yang kami rasa begitu besar ternyata hanya sebagian kecil saja dari ciptaan-Mu.

 

Wahai Tuhanku, terima kasih Engkau telah memberikan kesempatan kepadaku dan mamakku untuk dapat menyaksikan secara langsung bagaimana hasil koreografermu yang hanya Kau suguhkan 100 tahun sekali Ya Tuhan, “Gerhana Bulan Total 100 menit”. Terima kasih juga karena Engkau telah mengingatkan kepada kami untuk tidak lupa akan kuasa-Mu dan memberikan kami kesempatan bersujud kepada-Mu dalam “Shalat Gerhana Bulan”.

 

Sekali lagi kami bersujud Ya Allah, Yang Maha Agung, Yang Maha Besar, Yang Memiliki Segalanya, Yang Maha Kuasa. Hanya Engkaulah Tuhan semesta alam. Maka kami disini bersujud kepada-Mu Ya Allah, dalam segala kuasamu, ampunilah dosa-dosa kami, hamba-Mu yang lemah dan tak berdaya ini. Amin Ya Robbalallamin.

 

Dan pada akhirnya, Kamis subuh ini kami pun melihat “Bulan Purnama Merah”

———————

Gerhana Bulan Total, bagaimana bisa terjadi ? Gerhana Bulan terjadi saat Matahari, Bumi, dan Bulan terjadi pada satu garis lurus di mana Bumi berada di antara Matahari dan Bulan. Tak seperti gerhana Matahari, gerhana Bulan aman disaksikan dengan mata telanjang tanpa perlu pelindung.

 

Jadi inget kejadian waktu Gerhana Matahari total tahun 1988 kalo ngga salah. Waktu itu umurku baru lima tahun. Dalam adat istiadat orang jawa kalau sedang ada Gerhana dan ada ibu yang sedang hamil maka si ibu harus menyiapkan piring yang dimasukkan ke dalam baskom berisi air dan diletakkan di pekarangan rumahnya. Kemudian, si ibu juga harus bergegas masuk ke dalam kolong tempat tidur selama terjadinya gerhana bulan, kalau tidak melakukan hal tersebut nanti bayinya bisa-bisa hilang. Itu yang dikatakan sama si mbah ku hehehhe lucu juga yach, ada-ada aja, masak gerhana mau nyolong bayi dalam perut. Nah, kalau menyiapkan piring di dalam baskom yang diberi air, itu pas, karena beda dengan Gerhana bulan yang bisa disaksikan dengan mata telanjang, maka tidak dengan Gerhana Matahari. Bahaya kalau kita menyaksikannya langsung dengan mata telanjang, berdasarkan temuan para profesor maka mata kita akan buta karena pancaran cahaya Matahari yang begitu kuat merusak retina mata. Nah balik ke cerita piring dan baskom, itulah cara kita untuk dapat melihat Gerhana Matahari Total tersebut. Jadi bukannya kita menatap langit, tetapi menatap piring di dalam baskom berisi air tersebut. Sangat jelas sekali proses terjadi Gerhana Matahari Total yang kala itu berlangsung sekitar 15 menit. Setelah Gerhana usai, saya pun diajak Mamak pergi ke Sekolah. Aktivitas mengajar tetap dilakukan Mamak, seperti hari-hari biasanya.

 

Kali ini, berbeda dengan dulu, meskipun Mamak tidak dalam kondisi mengandung, tetapi Mamak tidak lagi percaya dengan ngumpet-ngumpet di kolong tempat tidur. Kami berdua pun menyaksikan Gerhana Bulan Total dan melanjutkannya dengan shalat Gerhana Bulan bersama di Kamis, 16 Juni 2011 dini hari. ***

Tentang orange

Lahir di Palembang, 3 Februari 1983
Galeri | Pos ini dipublikasikan di cerita. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s