Tempe Hitam

Bahan :

5 balok tempe, 1 ons ikan teri

Bumbu :

10 buah cabai merah, 5 siung bawang putih, 5 siung bawang merah, 3 buah cung, 3 lembar daun salam, minyak goreng, garam secukupnya, kecap manis secukupnya, kecap asin secukupnya.

Cara membuat :

Iris tempe bentuk persegi degan lebar kira-kira 1 cm, lalu goreng, sisihkan. Ikan teri disiangi dan dibelah hingga bersih tulang-tulangnya. Lalu cuci bersih dan goreng hingga garing. Sisihkan. Potong miring memanjang cabe merah. Potong-potong juga cung. Sisihkan. Bawang merah, sebagian diiris tipis untuk dibuat bawang goreng. Sebagian lainnya digiling halus bersama bawang putih dan sedikit garam. Selanjutnya tumis bumbu halus, masukkan irisan cabe dan cung, juga daun salam. Masak hingga benar-benar matang. Lalu tambahkan kecap manis dan sedikit kecap asin. Cicipi dan sesuaikan dengan selera lidah Anda. Selanjutnya masukkan tempe, aduk rata dan masak hingga bumbu meresap. Setelah itu masukkan teri goreng, aduk rata dan tidak perlu menunggu lama, angkatlah. Tempe hitam siap dihidangkan.Selamat mencoba.

____

Tempe hitam ini adalah resep dari Mamakku. Masakan yang praktis dan sangat kusukai, karena masaknya juga simpel dan awet, apalagi kalau disimpan di toples yang tertutup rapat atau tupperware. Kalau sudah 2-3 hari disimpan bisa dipanaskan lalu dimasukkan lagi ke toples. Saya lebih suka masakan yang awet-awet begini karena kondisi pekerjaan saya sehari-hari yang harus cepat. Pagi-pagi saya sudah harus bangun untuk mengantar mamak ke sekolah. Jika ada kelas yang kosong di sekolah maka saya biasanya membantu untuk mengisi kelas tersebut. Setelah itu saya harus buka toko dan tutup sampai sore hari. Sehingga kadang tidak sempat lagi memasak jika siang hari. Ya itu tadi, pagi-pagi saya harus sarapan nasi, untuk menjaga kondisi saya tetap sehat. (memang sejak kecil udah dibiasain sama mamak untuk sarapan nasi…)

Tentang orange

Lahir di Palembang, 3 Februari 1983
Galeri | Pos ini dipublikasikan di resep. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s