Pangsit Kuah Ala Ita

Bahan :  10 lembar kulit pangsit, ¼ kg daging ayam cincang, ¼ kg daging udang cincang, daun bawang dan daun sop secukupnya, bawang goreng secukupnya, sawi bakso secukupnya.

Bumbu : Garam, gula jagung, lada, bawang merah, bawang putih, pala, kayu manis, cengkeh, bawang bombay

Cara membuat :

  1. Siapkan kukusan dan panaskan. Selagi memanaskan kukusan, campur daging ayam cincang dan daging udang cincang. Kemudian masukkan potongan daun bawang yang sudah diiris halus. Tambahkan garam dan lada halus secukupnya. Aduk hingga tercampur rata. Siapkan kulit pangsit dan letakkan setengah sendok makan adonan ke tengah bagian kulit pangsit tersebut. Selanjutnya bentuk seperti bunga dengan merekatkan ujung-ujung bagian kulitnya. Pegang bagian tengah sehingga bagian bawahnya membulat, lalu tarik keluar bagian ujung-ujungnya. Buat hingga adonan habis. Setelah kukusan panas, masukkan satu per satu. Jika kulit pangsit habis, tetapi adonan masih tersisa, maka kita buat bakso dengan membentuk adonan menggunakan dua buah sendok. Selanjutnya kukus hingga matang.
  2. Selagi menunggu pangsit matang, maka kita buat kuahnya. Siapkan air setengah panci sedang. Panaskan diatas kompor. Masukkan garam, gula jagung, lada, pala, kayu manis, cengkeh da bawang bombay yang telah diiris besar. Bawang merah dan bawang putih digiling halus terlebih dahulu sebelum dimasukkan. Cicipi, jika rasanya sudah pas maka masukkan sawi bakso dan irisan daun sop ke dalam rebusan kuah. Jangan terlalu lama, angkatlah.
  3. Sajikan pangsit dan bakso dengan mangkok baru disiram kuahnya. Taburkan bawang goreng diatasnya. Melengkapi rasa, temani dengan kecap manis, kecap asin, saus tomat dan saus pedas. Jika suka, lengkapi dengan lada bubuk. Paling enak disajikan hangat.
  4. Selamat mencoba.

 

Tentang orange

Lahir di Palembang, 3 Februari 1983
Galeri | Pos ini dipublikasikan di resep. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s