Bikin Sumur Bor Bergaransi

pemasangan pipa

Sriwijaya Post – Selasa, 23 Februari 2010 20:08 WIB

KEBUTUHAN akan air bersih yang selalu meningkat membuat beberapa masyarakat atau pelaku usaha untuk mencari alternatif sumbernya. Tidak hanya mengandalkan dari air yang disediakan oleh pemerintah, maupun dari sumur gali, kini bentuk sumber air berupa sumur bor mulai diminati.

Salah satu Dian (35), warga KM 18 Banyuasin yang menggunakan sumur bor di rumahnya, beranggapan bahwa sumur bor bisa bertahan tahunan dan di saat musim kemarau airnya tidak kering. “Ya mungkin karena kedalamannya yang bisa mencapai puluhan meter,” kata Dian.

Selain itu menurutnya, sumur bor juga tidak memerlukan halaman yang luas, seperti layaknya sumur gali. Cukup lubang dengan diameter beberapa inchi saja, tinggal menghubungkan pipa ke penampung air dan menyedot airnya menggunakan mesin. Kemudian, sumur bor juga tidak

berbahaya bagi anak-anak, karena tidak perlu khawatir jika mereka bermain di dekat sumur tersebut.

Hal yang hampir serupa juga diungkapkan oleh Tini (50), salah satu warga komplek Gerbang Musi Indah. “Saya sudah hampir sepuluh tahun menggunakan sumur bor. Sumur itu berada di dapur rumah saya, kalau ada teman berkunjung dan bertanya di mana sumurnya, ya saya jawab di dapur,” kata Tini.

Menurutnya, sumur bor tidak memakan banyak tempat terutama mengingat lokasi rumahnya yang berada di komplek perumahan dan tidak memiliki tanah yang luas untuk membuat sumur gali. Sehingga alternatif membuat sumur bor menjadi pilihannya.

Salah satu pelaku bisnis sumur bor, Ita, mengungkapkan membuat sumur bor tergantung dari jenis tanahnya. “Tetapi rata-rata selesai dalam waktu minimal sepuluh hari,” kata Ita, salah satu penyedia jasa pembuatan sumur bor kepada Sripo, Selasa (23/2).

Menurutnya biaya untuk pembuatan sumur bor saat ini berkisar antara Rp 15 juta hingga Rp 17 juta dengan sistem borongan (hingga ketemu air).

Hal ini tergantung dari besarnya diameter sumur bor yang diinginkan oleh konsumen dan juga lokasi pengeboran. Namun, harga itu sudah termasuk jasa pengeboran, pembelian bahan dan juga pompa. Minimal ukuran sumur bor yang dibuat dengan diameter pipa empat inch dan pompa air yang digunakan jenis jet pump.

Kami juga melayani jika ada konsumen yang hanya menginginkan jasa kami saja, dalam artian merekalah yang akan menyediakan pipa dan pompanya. Harganya lebih murah, sekitar Rp 10 juta saja,” imbuh Ita.

Kami memberikan garansi selama satu tahun, jika dikemudian hari ada kendala pada sumur itu misalnya air yang keluar kecil atau tidak keluar sama sekali, maka masih menjadi tanggung jawab kami untuk memperbaikinya atau melakukan pengeboran ulang,” tegas Ita.

Menurutnya, jika tertarik untuk membuat sumur bor maka bisa menghubungi nomor ponsel 081367595001 atau 081373981067. sripo
(lis)

Tentang orange

Lahir di Palembang, 3 Februari 1983
Galeri | Pos ini dipublikasikan di bisnis. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s